MENGENAL AKUPUNKTUR MEDIK

Kamis, 25 Juli 2019

Akupunktur Medik adalah cabang ilmu pengobatan medis yang diadopsi dari ilmu pengobatan tradisional China, dimana akupunktur sendiri sudah dikenal sejak 2000 th SM dan terus berkembang pesat baik didaratan China sendiri maupun diluar China.

Saat ini banyak versi akupunktur yang cukup dikenal luas, misalnya Akupunktur versi Jepang, Korea, Vietnam, India, Eropa dan Amerika yang mana masing masing memiliki kelemahan dan kelebihan . misalnya ; akupunktur analgetika ( Vietnam ), Jepang ( banyak mengembangkan mikroakupunktur ) , dry needling, akupunktur balanching, mirroring dll

Akupunktur medik berkembang pesat seiring  dengan semakin banyaknya penelitian  ilmiah dibidang akupunktur. Mekanisme kerja akupunktur dalam regulasi fungsi organ tubuh, cara kerja analgetika, immunologi dan fungsi penyembuhan jaringan dapat diterangkan dengan system saraf, system neurohumoral dan system neuroendokrin. Dengan memahami cara kerja akupunktur diatas, maka akupunktur dapat digunakan untuk tujuan memberikan terapi yang bersifat  promotif, preventif, kuratif maupun rehabilitative.

Penerapan terapi akupunktur medik dalam klinik dapat menggunakan bermacam metode perangsangan titik akupunktur. missal ;

  • Akupunktur  yaitu perangsangan titik akupunktur dengan penusukan jarum akupunktur .
  • Laserpunktur   yaitu perangsangan titik akupunktur dengan menggunakan Low Level Laser, laser khusus dg panjang gelombang  pendek, mempunyai daya infiltrasi 0,3 – 0,5 cm, digunakan sebagai pengganti jarum.
  • Sonopunktur yaitu perangsangan titik akupunktur dengan menggunakan alat ultrasound untuk perangsangan pada titik akupunktur.
  • Aquapunktur yaitu perangsangan titik akupunktur dengan penyuntikan larutan garam fisiologis atau obat tertentu pada titik akupunktur.
  • Akupressure  yaitu perangsangan titik akupunktur dengan penekanan dengan jari tangan pada titik titik akupunktur.
  • Akupunktur tanam benang  yaitu perangsangan titik akupunktur dengan penanaman benang ( missal catgut ) pada titik akupuktur.
  • Elektroakupunktur yaitu perangsangan titik akupunktur dengan menggunakan elektrostimulator.

Semua metode diatas mempunyai kelebihan dan kelemahan masing-masing, sehingga penggunaannya sangat ditentukan banyak faktor.

Jenis  akupunkturpun  ada  berbagai  macam, seperti;  akupunktur badan,  mikroakupunktur       ( akupunktur telinga, akupunktur lidah, akupunktur kulit kepala ), akupunktur wajah, akupunktur hidung, mata dan Eciwo (akupunktur tulang metacarpal – metatarsal ), akupunktur tangan dan kaki, akupunktur pergelangan kaki.